KORAN-FAKTA.ID – Forkopimda Kabupaten Garut, bersama Bupati Garut Rudy Gunawan, meresmikan Lapangan Sepak Bola Sarana Olahraga Merdeka Kerkof. Jum’at (12 Januari 2024) Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

Peresmian tersebut berbarengan dengan masa berakhirnya Bupati dan Wakil Bupati Garut satu dekade Rudy Helmi yang akan berhenti mulai 23 Januari 2024 mendatang

Lapangan sepakbola ini mengalami perubahan signifikan dengan mengganti rumput lama dengan rumput sintetis yang menambah keindahan, menarik minat pecinta olahraga terbuka. Lintasan lari yang kini berstandar baik juga menambah daya tarik.

Rudy Gunawan menyatakan bahwa lapangan ini kini memenuhi standar nasional untuk sepak bola. Meski demikian, imbuh Rudy, hingga 45 hari ke depan, lapang sintetis ini belum bisa digunakan secara optimal, karena harus melalui masa pemeliharaan.

“Ini digunakan untuk umum, ngabuburit boleh, (tapi) ini tidak boleh digunakan dalam 45 hari, dalam 45 hari itu masih ada pemeliharaan,” ujar Bupati Garut.

Selain lapangan sepak bola, Pemkab Garut juga tengah merenovasi lintasan lari di SOR Merdeka Kerkhof, dengan anggaran tahunan sebesar Rp4 miliar untuk perbaikan lintasan lari beserta fasilitas penunjang lainnya.

“Tahun ini ada anggaran 4 miliar untuk ban (karet) lintasan, lintasannya belum selesai belum (dipakai) karpetin (karet), setelah itu ada yang namanya pagar. Nah, Jayaraga pun nanti seperti ini,” ucapnya.

SOR Merdeka Kerkhof terbuka untuk kegiatan masyarakat. Rudy menjelaskan bahwa lapangan sepak bola dapat digunakan untuk pertandingan dengan koordinasi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SOR Merdeka Kerkhof. Meskipun lapangan tidak disewakan, akan ada tarif retribusi dan parkir yang berlaku.

“Ini tidak disewakan, parkir biasa itu sesuai ketentuan, kalau itu (pertandingan) nanti ke UPTD, kalau digunakan (tetap) bayar dong,” katanya.

Kepala UPT SOR Kerkof, Ndang Rustandi, mengungkapkan rasa syukur karena pelaksanaan pekerjaan sesuai harapan, memungkinkan peresmian di akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati.

Selain lapangan sepakbola yang menggunakan rumput sintetis, lintasan joging juga mendapat perhatian, hasil dari anggaran yang sama. Ndang berharap masyarakat, terutama pecinta olahraga terbuka, dapat menjaga kebersihan lapangan Kerkof saat berkunjung atau berolahraga di sana.(*)

Editor: J Wan

Koran Fakta

Koran-Fakta.id Adalah media Online dengan Tag Line Kreativitas Lokal Referensi Global, Untuk Memberikan Informasi yang Berimbang,Informatif, Edukatif, yang Sesuai dengan Pedoman Undang-Undang PERS Nomor 40 Tahun 1999 dan Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here