KORAN-FAKTA.ID – Pernah menjadi penopang dalam terbentuknya Kabupaten Garut, Desa Kota Kulon yang sekarang menjadi Kelurahan Kota Kulon. Bangunannya sangat tidak layak dan tidak representatif.

Dari informasi yang ditemukan, bahwa terbentuknya Kabupaten Garut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal No: 60 tertanggal 7 Mei 1913, nama Kabupaten Limbangan diganti menjadi Kabupaten Garut dan beribu kota Garut pada tanggal 1 Juli 1913. Pada waktu itu, Bupati yang sedang menjabat adalah RAA Wiratanudatar (1871-1915). Kota Garut pada saat itu meliputi tiga desa, yakni Desa Kota Kulon, Desa Kota Wetan, dan Desa Margawati.

Pemerintah Kabupaten Garut hingga kini tak kunjung membangun Kantor Kelurahan Kota Kulon, padahal kondisi kantor tersebut kini sudah tak layak. Bahkan terdapat bagian plafon kantor mengalami kebocoran.

Warga Kota Kulon, Hilman Gunawan sangat menyayangkan sudah beberapa kali ganti Bupati, pembangunan Kantor Kelurahan Kota Kulon belum juga dibangun oleh Pemkab Garut

“Kantor Kelurahan Kota Wetan, Margawati sudah semuanya bagus dan Kelurahan Paminggir malahan sudah megah dan berlantai dua. Namun kantor Kelurahan Kota Kulon masih bangunan lama dan kondisi atapnya kerap bocor saat hujan deras. Dulu, padahal kantor Kelurahan Kota Kulon adalah salah satu penopang berdirinya Kabupaten Garut, namun sekarang paling jelek di antara kelurahan yang ada,” keluh Hilman, Selasa (20 Februari 2024).

Ia menambahkan, mengingat Kelurahan Kota Kulon ini salah satu tempat bersejarah berdirinya Kabupaten Garut “Mudah-mudahan dengan adanya PJ Bupati dan Kepala Kelurahan Kota Kulon yang baru, pak Asep Ridwan, bisa membawa perubahan bagi kelancaran pelayanan yang lebih baik dengan adanya pembangunan yang representatif, pungkasnya. (J Wan)

Editor: TA

Koran Fakta

Koran-Fakta.id Adalah media Online dengan Tag Line Kreativitas Lokal Referensi Global, Untuk Memberikan Informasi yang Berimbang,Informatif, Edukatif, yang Sesuai dengan Pedoman Undang-Undang PERS Nomor 40 Tahun 1999 dan Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here