KORAN-FAKTA.ID – Dalam rangka menciptakan lingkungan yang makmur, sejahtera, dan demokratis, proses pemilihan Ketua RW 016, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garutkota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, berlangsung serupa dengan pemilihan umum presiden atau kepala daerah, dengan prinsip langsung, umum, bebas, dan rahasia.

Dalam pantauan di lapangan, Minggu (17 September 2023) bertempat di Halaman Mesjid Al-Haq suasana di tempat pemungutan suara (TPS) sesuai dengan suasana pemilihan kepala daerah. Dalam konsep ini, warga sangat antusias mengunjungi TPS untuk memilih Ketua RW. Pemilih yang datang harus membawa surat undangan pemilih, mendaftar terlebih dahulu, dan mencoblos di bilik suara.

Ketua Panitia Penyelenggara Pemilihan Calon Ketua RW 016, Muhamad Rizky Nurdinyana, menjelaskan bahwa pemilihan dengan konsep pemilu ini sengaja diadakan sebagai bentuk pembelajaran demokrasi bagi masyarakat.

“Pelaksanaan pemilihan RW ini dimaksudkan untuk berjalan secara demokratis. Ini bukan hanya pemilihan biasa, melainkan juga merupakan perjalanan demokrasi. Seolah-olah ini merupakan pembelajaran untuk pemilu yang akan datang pada 14 Pebruari 2024,” ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa semua yang mencoblos adalah warga yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Ketua RW, termasuk pemuda dan pemilih pemula yang berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah memiliki KTP.

Ia juga menjelaskan bahwa panitia pemilihan Ketua RW yang baru terbentuk ini, dibentuk tidak lama setelah masa jabatan Ketua RW 016 sebelumnya, yaitu Deny Rusyana, berakhir. Dalam tahapan pembentukan panitia hingga pendaftaran, muncul dua calon, yaitu Deny Rusyana nomor urut satu dan Dudi Hermawan nomor urut dua. Kedua calon tersebut telah memenuhi persyaratan pendaftaran dan tahapan seleksi.

Setelah pemungutan suara dihitung, dari 247 suara Bapak Deny Rusyana mendapatkan 78 suara, sedangkan Bapak Dudi Hermawan mendapatkan 161 suara dan tidak sah 8 suara. Dengan hasil ini, Bapak Dudi Hermawan terpilih sebagai Ketua RW 016 untuk memimpin pemerintahan di Kp. Cintamaya, Kelurahan Muarasanding, Periode 2023-2028. ( J Wan)

Editor: Thio Alli

Koran Fakta

Koran-Fakta.id Adalah media Online dengan Tag Line Kreativitas Lokal Referensi Global, Untuk Memberikan Informasi yang Berimbang,Informatif, Edukatif, yang Sesuai dengan Pedoman Undang-Undang PERS Nomor 40 Tahun 1999 dan Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here